Jumat, 09 November 2012

MAKNA KEMERDEKAAN INDONESIA

MAKNA KEMERDEKAAN INDONESIA

Indonesia merupakan negara yang sudah merdeka, tapi apa makna dari kemerdekaan itu sendiri. Menurut saya merdeka adalah terbebas dari segala apapun yang memberatkan dan menyesangsarakan diri sendiri. Itu berarti bila dikaitkan dengan negara Indonesia adalah terbebas dari segala sesuatu yang dianggap membebani rakyatnya. Merdeka itu harus dicapai dengan cara bersama-sama sesuai tujuan yang lelah disepakati dengan peraturan yang telah dibuat tanpa meninggalkan ideologi negara Indonesia yaitu Pancasila. Makna dari kemerdekaan Indonesia sangat luas artinya, tapi dapat di ambil secara ringkas bahwa makna kemerdekaan Indonesia :

1.      Terhindar dari perbuatan kriminal dan perlakuan tidak adil

Hal ini merupakan tugas utama dari pemerintahan Indonesia yaitu dapat melindungi rakyat demi keamanan negara dan membela yang benar tanpa memendang status sosialnya. Di samping itu kita sebagai anggota negara Indonesia juga mempunyai tugas untuk tidak melakukann tindak kejahatan yang akan merugikan diri sendiri, orang lain dan bangsa Indonesia.

2.      Terbebas dari kemiskinan

 Bila kita sudah merdeka seharusnya kita juga terhindar dari kemiskinan, pemerintah juga harus memperhatikan tenteng kehidupan rakyat yang kurang mampu dan berusaha semaksimal mungkin untuk mengurangi kemiskinan di negara Indonesia.

3.      Bebas berekspresi selama masih menaati peraturan hukum

Bebas berekspresi disini maksudnya kita bebas melakukan sesuatu, misalnya kita sebagai rakyat di beri hak untuk bisa menjadi kaya dengan usaha sendiri tapi juga harus mengikuti peraturan yang ada di negara Indonesai.

4.      Memandang jauh ke depan demi kemajuan dan ketertiban negara Indonesia

Dengan kita selalu berinovasi dan dapat menyerap hal-hal yang positif negara kita akan lebih maju dan tentunya tanpa meninggalkan aturan-aturan yang berlaku.

5.      Bergotongroyong untuk memperkokoh kesatuan bangsa Indonesia

Rakyat dan pemerintah harus berusaha saling membantu untuk memperkuat keamanan negara Indonesia.

Tapi, apakah kita sudah merasa merdeka di negara Indonesia ini ?

Menurut saya, belum karena masih jauh dari kata merdeka untuk rakyat negara Indonesia hanya merdeka untuk orang-orang yang berkuasa. Rakyat tidak diberi kesempatan untuk menyuarakan keinginan dan haknya. Kita hanya didoktrin pemerintah untuk mengikuti semua aturan yang kadang tidak masuk akal. Masih banyak dijumpai penggusuran, tidak kejahatan, perlakuan tidak adil. Kalau negara kita terus begini kapan mau menuju  merdeka yang sesungguhnya. Ini adalah tantangan bagi kita semua sebagai generasi muda untuk membangun ulang pemerintahan kita. Semangat!

0 komentar:

Posting Komentar

tulisan bergerak

Coretan Makna :-) Terima kasih atas kunjungan Sahabat Coretan